Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Universitas Panca Bhakti Pontianak bekerjasama dengan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) gelar seminar bertema Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi, Prospek dan Tantangan Elektoral di Hotel Kapuas Palace, Jalan Budi Karya Pontianak, Selasa (10/10/2017) sore.

Kegiatan diikuti oleh akademisi, pegawai instansi pemerintahan, TNI, Kepolisian, mahasiswa dan instansi lainnya.

Rektor UPB, Prof Dr Ir Rahmatullah Rizieq MSi berharap kegiatan ini menanamkan mindset para peserta agar terbiasa dengan hasil penelitian lembaga survei.

“Ya, seperti di luar negeri. Yang penting lembaga surveinya kredibel. Kita bisa membaca hasil survei. Walaupun hasil survei saat ini bisa berubah keesokan harinya, tapi kita lihat trennya. Jika semua lembaga survei hasilnya sama berarti benar, jika berbeda dipertanyakan,” ungkapnya.

Rizieq menambahkan hasil penelitian lembaga survei sudah dikaji secara ilmiah. Jika suatu studi kasus dibahas secara ilmiah, otomatis hasil penelitian bisa dikatakan lebih logis dan kredibel.

“Kehadiran penelti CSIS diharap memberi suatu pencerahan. Ini penting karena survei adalah gambaran obyektif terhadap kondisi sekarang,” katanya.

Kendati terjadi pro dan kontra terhadap hasil survei, itu tidak menjadi masalah. Hasil penelitian memang masih bisa diperdebatkan metodologinya. Namun, hasil survei sangat menguntungkan bagi orang-orang yang bisa memanfaatkannya.

Seperti case, Pak Jokowi dan lawan politiknya. Keduanya bisa mengambil langkah dari hasil survei.

“Misalnya, tren pemilih Pak Jokowi adalah kalangan-kalangan pendidikan rendah, sedangkan Pak Prabowo adalah kalangan-kalangan pendidikan tinggi. Mestinya, orang-orang Pak Prabowo berpikir bagaimana dalam pemilihan ke depan mendapat suara-suara dari orang-orang berpendidikan rendah,” tukasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.